Unknown Unknown Author
Title: The Feynman Technique
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Sebuah metode untuk belajar dengan lebih cepat " I learned very early the difference between knowing the name of something and kno...
Sebuah metode untuk belajar dengan lebih cepat

"I learned very early the difference between knowing the name of something and knowing something." Richard Feynman

Teknik Feynman ini sangat tepat untuk membantu kita dalam memahami, mengingat dan menjelaskan apa yang kita pelajari dalam 20 menit. Dengan demikian, apabila teknik ini diterapkan dalam proses pembelajaran kita di sekolah, dapat memacu akselerasi kita dalam meraih hasil yang optimal. Mengapa demikian? Karena sesungguhnya belajar bukan hanya tentang mengingat sesuatu yang sulit, tetapi lebih kepada bagaimana membuat segalanya lebih mudah diingat. Teknik Feynman dapat digunakan untuk apa saja, mulai dari memahami masalah sederhana sampai memahami sesuatu yang rumit seperti fisika kuantum. Dengan memaksa diri kita untuk membuat sesuatu yang lebih mudah dipelajari, kita akan mampu mengingat dengan lebih baik.

1) Pilih sebuah konsep yang ingin kita pelajari
Pelajaran-pelajaran di sekolah, sains, matematika, sosiologi, bahasa merupakan mata pelajaran yang sangat cocok bila diterapkan dengan metode feynman. Pilih sebuah bab atau konsep pelajaran yang ingin kita pelajari lebih jauh.

2) Baca, pahami lalu coba jelaskan kepada orang lain, seakan-akan mereka berusia 5 tahun
Buat tulisan singkat tentang konsep tersebut, gunakan kata-kata yang paling mudah dan jelas untuk dipahami orang lain. Hindari penggunaan istilah-istilah yang mendalam. Ceritakan semenarik mungkin seakan-akan kita berbicara dengan seorang anak kecil.

3) Tentukan Gap Pengetahuan Anda
Jika kita kesulitan dalam mencari kata-kata pengganti yang lebih mudah, tak masalah menggunakan istilah dalam textbook, asalkan istilah tersebut kita sampaikan dengan penjelasan yang sederhana.

4) Gunakan Analogi
Apabila pada kenyataan konsep yang kita garap memang terkesan abstrak dan susah dipahami, maka tidak ada salahnya menggunakan analogi dalam menjelaskannya. Hal ini dapat membantu kita dalam menjelaskan konsep tersebut.

5) Lakukan penyederhanaan konsep
Sederhanakanlah konsep tersebut sekali lagi sehingga apa yang kita garap benar-benar dapat berpengaruh dalam proses pembelajaran kita.

Contoh :
Gravitasi merupakan daya tarik dari objek yang sangat besar pada objek yang lebih kecil, seperti bumi kepada kita.

Sebuah novel adalah buku singkat yang menceritakan sebuah cerita hanya dari perspektif karakter utama dalam buku.

Sebuah pohon bonsai adalah pohon miniatur. Sama seperti miniatur mobil Anda, itu terbuat dari hal yang sama sebagai hal besar, tetapi hanya lebih kecil.

Kapan kita menggunakan metode ini?

Kapanpun kita ingin belajar dan mengajarkan orang lain dengan lebih cepat. Ketika kita harus menjelaskan sesuatu dengan orang lain, apalagi saat menjelaskan sesuatu pada anak anak.

"Prinsip pertama adalah bahwa Anda tidak harus menipu diri sendiri dan Anda adalah orang yang paling mudah untuk menipu." Richard Feynman

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top